Contoh Makalah Pentingnya Ketrampilan Berkomunikasi

sipakde.com - Komunikasi adalah salah satu hal penting dalam suatu hubungan. Baik itu hubungan kerja, keluarga, asmara, dan lainnya. Komunikasi sendiri dapat diartikan bagaimana orang saling berbagi pandangan dan pikiran dengan orang lain. Komunikasi sendiri memiliki manfaat dalam segala bidang. Tak hanya itu, kemampuan berkomunikasi yang baik juga dapat mengubah hidup seseorang.

Berikut adalah contoh makalah tentang pentingnya ketrampilan berkomunikasi


BAB I
PENDAHULUAN
A.       Keterampilan Berkomunikasi
Keterampilan berkomunikasi (Communication Skills) adalah suatu keahlian, kemampuan atau kepandaian seseorang dalam berkomunikasi dengan orang lain. Berkomunikasi adalah satu kegiatan yang selalu kita lakukan setiap harinya, maka dari itu keterampilan berkomunikasi ini sangat diperlukan dalam berkomunikasi agar komunikasi yang kita lakukan dapat berjalan dengan lancar dan tidak terjadi salah penafsiran antar komunikator dan komunikan.
Keterampilan berkomunikasi ini merupakan keterampilan utama yang sudah seharusnya dimiliki oleh individual yang ingin menjalin hubungan antarindividu, masyarakat, kelompok, maupun organisasi dimanapun mereka berada.
Keterampilan berkomunikasi dibutuhkan dalam banyak bidang pekerjaan, terutama  untuk pekerjaan seperti wartawan, penyiar, MC, trainer dan sebagainya karena mereka harus pandai-pandai dalam berbicara.
Keterampilan berkomunikasi juga dibutuhkan dalam pengembangan usaha, untuk menjalin relasi, merketing, promosi, dan lain-lain, juga dalam pengembangan dan pemberdayaan diri untuk personal branding/self empowering.
1.         Ruang Lingkup Keterampilan Berkomunikasi
a.        Keterampilan Komunikasi Lisan
Keterampilan komunikasi lisan (oral communication skills) adalah kemampuan berbicara seseorang untuk mampu menyampaikan dan menjelaskan ide gagasan secara jelas kepada bermacam-macam orang sebagai audiens agar dapat dimengerti dengan mudah oleh mereka. Kemampuan ini meliputi keahlian seseorang dalam menyesuaikan cara berbicara dirinya kepada komunikan yang berbeda darinya, dengan menggunakan pendekatan dan gaya bicara yang tepat serta dapat memahami pentingnya isyarat nonverbal dalam komunikasi lisan. Dalam keterampilan berkomunikasi lisan ini, dibutuhkan keterampilan latar belakang presentasi yang diberikan, pemahaman tentang audiens, mendengarkan secara kritis dan bahasa tubuh (body language).
b.        Keterampilan Komunikasi Tulisan
Keterampilan komunikasi tulisan (written communication skills) adalah kemampuan seseorang dalam menulis secara efektif dalam segala konteks untuk ditujukan kepada beragam pembaca dan tujuan. Kemampuan ini meliputi kemampuan dalam menulis dengan perbedaan gaya dan pendekatan untuk setiap pembaca dan media yang berbeda. Keterampilan komunikasi tulisan ini meliputi keterampilan komunikasi elektronik seperti menulis pesan (SMS) di handphone, menulis dan mengirimkan pesan e-mail, berdiskusi di forum diskusi online, chat menggunakan aplikasi ataupun pesan kilat/instan. Keterampilan komunikasi tulisan memerlukan background skills seperti penulisan akademis, keahlian revisi dan penyuntingan (editing), membaca kritis dan presentasi data.
c.         Keterampilan Komunikasi Non-Verbal
Keterampilan komunikasi non-verbal (non-verbal communication skills) adalah kemampuan dalam memperkuat ekspresi ide dan konsep melalui gerakan bahasa tubuh (body language), gerak isyarat / kial (gesture), ekspresi wajah dan nada bicara/suara (tone of voie). Komunikasi non-verbal juga meliputi penggunaan gambar, ikon (icon), dan simbol. Dalam keterampilan komunikasi non-verbal membutuhkan pemahaman tentang audiens, presentasi personal dan bahasa tubuh.

2.         Letak Keterampilan Berkomunikasi
a.        Kekuatan kata
Jangan menggunakan kata-kata yang sulit diucapkan dan dihafalkan. Lebih baik menggantinya dengan kata-kata yang lebih mudah dicerna. Tetapi agar kata-kata yang disampaikan terkesan kuat, gunakan istilah tertentu untuk memperjelas maksudnya. Untuk itu kuasai unsur-unsur bahasa, seperti sinonim, antonim, anonim, ungkapan (idiom), dan kata penghubung.
b.        Ragam bahasa
Pahami dan kuasai ragam bahasa, baik yang resmi maupun tidak, baik bahasa lisan maupun tulisan serta pelajarilah ragam bahasa dalam suatu kalangan kemudian gunakan bahasa tersebut di kalangan itu.
c.         Kekuatan suara
Apa jadinya jika kita berkomunikasi tanpa suara yang jelas? Maka perhatikan kualitas suara dalam komunikasi verbal. Gunakan intonasi dan nada suara, tempo, jeda, dinamika, dan ekspresi suara dengan baik dan benar. Ketika berkomunikasi, usahakan suara nafas tidak terdengar.
d.        Hindari aksen daerah
Hindari komunikasi yang menunjukkan aksen atau logat daerah yang terlalu kental. Memang jika kita berasal dari daerah tertentu cukup sulit untuk menghilangkan aksennya. Tapi usahakan agar tidak terlalu dominan, kecuali dalam melawak.
e.        Menjadi pendengar aktif
Komunikasi yang efektif dapat terwujud karena adanya keseimbangan antara pembicara dan pendengar. Kita bukan hanya bisa berbicara tetapi juga harus bisa menjadi pendengar yang baik.



BAB II
PEMBAHASAN

A.       Pentingnya Berkomunikasi dengan Baik

Komunikasi merujuk pada bagaimana orang saling berbagi pandangan dan pikiran dengan orang lain. Cara efektif berkomunikasi, misalnya membaca, menulis, berbicara, dan lain sebagainya. Komunikasi sendiri memiliki manfaat dalam segala bidang. Tak hanya itu, kemampuan berkomunikasi yang baik juga dapat mengubah hidup seseorang. Berikut ini 3 alasan pentingnya berkomunikasi dengan baik.
1.       Pesan sampai dengan tepat
Komunikasi yang baik menjamin adanya pertukaran pikiran dan pandangan yang benar sehingga tidak terjadi kebingungan. Jika sebuah hal tidak dikomunikasikan dengan baik, maka orang akan sulit mengerti. Jika dibiarkan, masalah pun akan timbul sebagai dampaknya.
Pada tahap awal kehidupan, seorang anak akan diajarkan dan belajar banyak hal dari orang lain. Berkomunikasi dengan mereka lewat perkataan dan tindakan yang baik, dapat memberikan kesan yang dalam pada mereka. Selain itu, mereka juga dapat tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik. 
2.       Komunikasi dibutuhkan dalam berbagai pekerjaan
Setiap pekerjaan membutuhkan komunikasi. Bukan hanya berfungsi menjalin dan menghubungkan satu orang dengan yang lainnya, komunikasi juga berperan penting dalam sebuah perencanaan, koordinasi, dan informasi.
Komunikasi yang efektif juga dapat menginspirasi banyak orang untuk memperjuangkan sesuatu. Karenanya, komunikasi adalah sesuatu yang bertanggung jawab untuk mengubah hidup banyak orang, dengan catatan: harus dilakukan secara efektif.  
3.       Memperkuat hubungan
Kemampuan berkomunikasi yang baik sangat penting untuk menjalin dan memperkuat hubungan. Tanpa komunikasi dan interaksi, segala hubungan manusia menjadi tidak bermakna.
Bahkan dalam dunia pekerjaan, ketiadaan kemampuan komunikasi yang baik dengan teman ataupun atasan juga dapat menghambat kesuksesan seseorang. Sekalipun, orang tersebut sangat baik dalam bekerja. Selain itu, komunikasi dan interaksi yang baik juga dapat menjadikan seseorang lebih unggul daripada orang lain saat wawancara kerja.

B.        Tokoh Inspirasi

1.      Larry Page
Siapa yang tak kenal dengan Google, sebuah mesin pencari yang begitu hebat dan canggih dimana hampir setiap manusia di dunia ini mengaksesnya setiap hari, bahkan setiap waktu melalui gadget yang mereka miliki seperti komputer, laptop bahkan smartphone. Mesin pencari bernama Google ini merupakan sebuah produk luar biasa dari Google Inc yang merupakan sebuah perusahaan internet dan teknologi raksasa di dunia.
Sudah tidak asing lagi ketika kita mencari informasi yang tidak kita ketahui, pasti kita akan menggunakan gadget kita dan mencari informasi itu melalui mesin pencari bernama Google. Bahkan sudah menjadi suatu kelakar ringan di antara masyarakat untuk menyebut Google ditambahi dengan kata ‘mbah’ sehingga kita menyebutnya sebagai ‘mbah Google’ yang dipercaya seperti ‘dukun teknologi’ yang dapat mengetahui segala sesuatu dan memberikan berbagai informasi yang bertebaran di dunia ini.
Lawrence Edward Page yang biasa dikenal dan disebut sebagai Larry Page. Dia adalah salah satu pendiri Google yang saat ini menjabat sebagai Presiden produk-produk Google Inc. Lawrence Edward Page dilahirkan di Lansing, Michigan pada tahun 1973 dari seorang ayah bernama Carl Vincent Page yang merupakan seorang profesor ilmu komputer di Universitas Michigan dan ibunya bernama Gloria Page, yang juga seorang pendidik atau guru di bidang pemrograman komputer di Universitas Michigan.
Setelah lulus dari East Lansing High School, Larry Page belajar dan mendapatkan gelar Bachelor of Science di bidang rekayasa komputer dari University of Michigan dan melanjutkan studi Program Master di Universitas Stanford. Setelah ia menyelesaikan Program Ph.D. ilmu komputer Universitas Stanford, Larry Page menjadi seorang profesor Ph.D. di bidang Komputer Sains di Michigan State University hingga saat ini.
Hal-hal yang bisa dipelajari dari seorang Larry Page, diantaranya:
a.      Pendidikan adalah sesuatu hal yang penting, Larry Page menunjukkan hal itu meskipun sudah sukses dia tetap mengejar pendidikannya.
b.      Jangan mudah puas diri, Larry Page menunjukkannya dengan terus melakukan penelitian dan pengembangan baik untuk search engine google sendiri dan juga untuk perusahaan.

2.      Jeff Bezos
Pemuda bernama asli Jeffrey Preston atau dikenal dengan Jeff Bezos lahir pada 12 Januari 1964. Jeff Bezos adalah seorang entrepreneur dan investor dari Amerika. Jeff Bezos dikenal sebagai entrepreneur dibidang teknologi, khususnya toko online atau e-commerce. Beberapa langkah besar yang dilakukan Jeff Bezos adalah beliau mendirikan Amazon.com, berinvestasi di Blue Origin, serta membeli media The Washington Post.
Setelah lulus dari Universitas Princeton pada tahun 1986, Jeff Bezos mengawali karir di Wall Street sebagai ahli komputer. Setelah itu, Jeff pindah kerjaan ke perusahaan bernama Fitel, yang bergerak dibidang jaringan internet. Jeff sempat pindah kerja ke Bankers Trust dan perusahaan D.E. Shaw &Co.
Kisah sukses Jeff Bezos pendiri Amazon.com dimulai pada saat Jeff keluar dari kerja pada tahun 1994. Jeff Bezos pindah dari New York ke Seattle untuk memulai membuat rencana bisnis Amazon. Jeff memulai pekerjaan dari garasi di rumahnya. Jeff yakin bahwa perkembangan pengguna internet yang pesat akan menjadi ladang untuk usaha barunya. 
Amazon.com pada awal mulainya adalah toko buku online. Ide bisnis ini muncul setelah Jeff Bezos berdiskusi dengan John Ingram of Ingram Book dan Keyur Patel. Selama dua bulan pertama, Amazon menjual buku ke 50 negara bagian Amerika dan lebih dari 45 negara. Penjualan Amazon pada dua bulan pertama mencapai angka $20,000/minggu.
Rencana bisnis Amazon sangat tidak biasa. Perusahaan sekelas Amazon.com belum mencetak keuntungan lebih dari 4 tahun. Amazon berhasil mencetak keuntungan pertama kali pada tahun 2001, sebesar  $5 juta, pada pendapatan $1 milliar.
Hal-hal yang bisa dipelajari dari seorang Jeffrey Preston, diantaranya:
a.      Jangan Berhenti Berkeperimen. Salah satu hal yang dipercayai oleh Jeff Bezos adalah jangan pernah berhenti bereksperimen. Ambil keputusan bisnis berdasarakan data yang ada.
b.      Berani Menemukan Sesuatu yang Baru (Invention). Jeff Bezos berani mengambil risiko untuk menemukan sesuatu yang baru. Beliau banyak berinvestasi di perusahaan-perusahaan baru dengan misi yang luar biasa besar.
c.       Berpikir Jangka Panjang. Terakhir dan paling penting, berpikir jangka panjang. Beliau membuat bisnis Amazon.com tidak untuk jangka 1 atau 2 tahun. Dan memang benar ternyata Amazon.com membuat perubahan besar cara orang berbelanja online.

3.      Achmad Zaky
Achmad Zaky lahir pada 24 Agustus 1986 di kota Sragen, Indonesia. Beliau adalah lulusan teknik informatika dari Institut Teknologi Bandung pada tahun 2004. Saat ini Achmad Zaky berprofesi sebagai pimpinan Bukalapak.com. 
Achmad Zaky mulai mengenal dunia teknologi sejak usia bangku sekolah dasar. Berawal pada tahun 1997, Achmad Zaky mendapat sebuah komputer dan buku-buku pemrograman computer dari salah seorang pamannya. Tak disangka Achmad Zaky memiliki minta atau passion dengan komputer dan pemrograman komputer.
Setelah lulus dari ITB, Achmad Zaky mendirikan perusahaan jasa konsultasi teknologi bernama Suitmedia. Zaky membuat sebuah website yang menjadi proyek internal perusahaan. Proyek tersebutlah yang menjadi asal kesuksesan Achmad Zaky pendiri bukalapak.com. Tepatnya bukalapak.com dimulai pada tahun 2010.
Bukalapak.com memiliki visi untuk mengubah hidup banyak orang dengan memajukan UMKM lewat internet. Fase pengembangan Bukalapak.com dapat diselesaikan dalam waktu dua bulan. Setelah selesai tahap pengembangan, Achmad Zaky mengajak para pedagang di mall untuk bergabung di Bukalapak.com.
Sayangnya respon yang diberikan para pedagang di mall sangat rendah. Respon positif justru datang dari pedagang kecil. Sejak itu, Achmad Zaky dan tim Bukalapak.com fokus mengajak para pelaku UMKM. Di tahun 2011, Bukalapak.com telah memiliki 10.000 pedagang yang bergabung dan jumlah tersebut terus bertambah.
Bukalapak.com pada awalnya lahir dari kantong pribadi para pendirinya. Seiring dengan pertumbuhan yang sangat pesat, pendanaan berasal dari beberapa investor.
Beberapa investor yang tertarik mendanai bukalapak.com adalah 500 Startups, Batavia Incubator, IMJ Investment, dan juga Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTEK Group).
Hal-hal yang bisa diperlajari dari Ahcmad Zaky, diantaranya:
1.      Jangan minder dan ragu, putra-putri Indonesia juga mampu membuat bisnis startup digital yang sukses.
2.      Buat bisnis yang membantu menyelesaikan permasalahan orang banyak. Tahukah Anda apa permasalahan kebanyakan bisnis UMKM? Mereka memiliki produk atau layanan yang bagus, tetapi kurang dalam pemasaran. Yang dibutuhkan adalah bantuan untuk memasarkan produknya.
3.      Pelajaran berikutnya dari Achmad Zaky adalah berani memulai.
4.      Bekerja sesuai dengan minat atau passion. Jadi kerjakan apa yang Anda senangi (do what you love) dan senangilah apa yang Anda kerjakan (love what you do).



BAB III
PENUTUP
1.      Kesimpulan
Komunikasi merujuk pada bagaimana orang saling berbagi pandangan dan pikiran dengan orang lain. Komunikasi sendiri memiliki manfaat dalam segala bidang. Tak hanya itu, kemampuan berkomunikasi yang baik juga dapat mengubah hidup seseorang.

DAFTAR PUSTAKA

[1]    Wiryanto. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Grassindo, 2004.
[2]    Nicholas Carlson. 25 April 2014. The Story Of How Larry Page Got Forced From The Top Of Google And Came Back A Decade Later. Businessinside.co.id
[3]    Cooke. C.W. 2014. Sergey Brin and Larry Page: The Creators of Google. Gramedia.
[4]    http://www.komunikasipraktis.com/2014/10/keterampilan-komunikasi-pengertian.html diakses pada 6 Desember pukul 10:44 WIB


Itu adalah contoh makalah tentang pentingnya ketrampilan berkomunikasi. Semoga dengan adanya informasi ini bisa membantu teman-teman dalam berkomunikasi dengan baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel